Semua Berita

Berita Umum
 

#SahabatPengayoman udah pada tau kan kalo Kemenkumham turut berperan dalam mendorong pemulihan kesehatan dan peningkatan ekonomi nasional melalui revolusi digital? Belum? Hmm, Kemenkumham itu ngga hanya mendorong kedua hal tersebut, namun juga melakukan terobosan-terobosan lainnya guna memberikan kemudahan dalam memberikan pelayanan publik

Diantaranya dgn mengakselerasi kebijakan dlm mendorong kemudahan berusaha (ease of doing business) melalui @djpp.kemenkumham dan @bphn_kemenkumham dlm pembenahan regulasi, & @ditjen_ahu dlm penyederhanaan proses perizinan

@djki.kemenkumham juga berperan mendukung UMKM dengan menyediakan layanan digital untuk pendaftaran merek, sedangkan @ditjen_imigrasi berinovasi menciptakan visa elektronik bagi kemudahan investor

Guna mempertajam mainstreaming bisnis dan HAM di Indonesia, @ditjenham juga telah membangun aplikasi penilaian risiko bisnis untuk memfasilitasi perusahaan di semua lini bisnis

Untuk mensinergikan dan mengkoordinasikan peran2 tersebut, baik kepada masyarakat maupun dunia usaha, Kemenkumham menyelenggarakan seminar nasional sebagai bagian dari peringatan Hari Dharma Karya Dhika Tahun 2021

Wapres @kyai_marufamin menyampaikan bahwa penerapan konsep rukhsah, yang serupa dengan pintu darurat di masa krisis, dapat diaplikasikan dalam perundang-undangan sistem tata hukum kenegaraan Indonesia

Sedangkan menurut Menkumham @yasonna.laoly Kemenkumham telah mengambil langkah strategis dalam pemulihan ekonomi nasional, yakni melalui digitalisasi penyelenggaraan layanan publik di hampir seluruh jenis layanan

Wakil Menkumham, @eddyhiariej mengatakan kolaborasi pemikiran dan komunikasi yang terbuka menjadi salah satu strategi pemulihan ekonomi nasional yang efektif

Sekjen Kemenkumham, @andapbudhirevianto mengingatkan bahwa Kemenkumham juga melaksanakan tugas mandatory lainnya, seperti pembangunan zona integritas menuju WBK/WBBM, opini WTP, pengawasan internal maupun eksternal, dll

Berbagai narasumber lainnya, baik pembuat kebijakan, akademisi, praktisi kesehatan, dan pelaku ekonomi jg hadir dalam seminar ini

Kumham Semakin PASTI

#HDKD2021
#KumhamSemakinPASTI

 15 Oktober 2021

Berita Umum

Halo sahabat mido, pada hari ini telah dilaksanakan apel pagi dan penyerahan Piagam Penghargaan Pegawai Teladan Triwulan III. Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja (Nanang Mustofa) dan seluruh ASN, CPNS serta PPNPN. Kegiatan ini berlangsung dihalaman Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja (13/09/2021).

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja (Nanang Mustofa) menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran atas partisifasinya dalam menyukseskan kegiatan  Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Bali tentang Pencegahan Maladministrasi dan Penyelesaian Laporan/ Pengaduan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik serta Peluncuran Inovasi Pelayanan Publik berupa Pengambilan Paspor Drive Thru, otifikasi Paspor Selesai, Maskot Kanim Singaraja dan Ruang Pelayanan Baru;

Dalam arahannya Nanang Mustofa juga menyampaikan bahwa perjuangan untuk meraih WBBM di Tahun 2021 ini belum berakhir, Tim Penilai Nasional akan melakukan penilaian di bulan Oktober 2021, untuk itu diharapkan kepada seluruh jajaran Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja untuk terus berjuang memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, bekerja sama dan menjaga kekompakan dalam bekerja serta jangan lupa untuk berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar diberikan jalan terbaik dan dimudahkan dalam segala perjuangan yang dilakukan;

Dalam melaksanakan tugas sehari-hari agar selalu bekerja sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan sesuai dengan SOP yang ada. Karena jika ada kesalahan yang dilakukan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat apalagi sampai viral di media sosial maka hal ini akan menjadi penyebab kegagalan dalam perjuangan meraih WBBM. Untuk itu disarankan agar selalu berhati-hati dan bekerja dengan tulus, bekerja dengan cerdas dan melayani sepenuh hati. Sehingga diharapkan hasil Survey IPK dan IKM yang dilakukan bisa mendapatkan penilaian yang sangat baik dari masyarakat sesuai dengan pelayanan yang kita berikan;

Kepada pegawai yang mendapatkan predikat pegawai terbaik pada triwulan ini agar terus meningkatkan dan mempertahankan kinerjanya. Penilaian dalam pemilihan pegawai teladan ini kreterianya dilakukan melalui penilaian prestasi kinerja, absensi, dan loyalitas. Diharapkan kepada pegawai yang lain untuk terus berlomba dan semangat dalam melaksanakan tugas sehingga bisa terpilih menjadi pegawai teladan pada periode selanjutnya.  (tikim 2021).

 15 September 2021

Berita Umum

Kamis 09/09/2021, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja melaksanakan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan Kepala Perwakilan  Ombudsman RI Provinsi Bali tentang Pencegahan Maladministrasi dan Penyelesaian Laporan/ Pengaduan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik serta Peluncuran Inovasi Pelayanan Publik berupa Pengambilan Paspor Drive Thru, Notifikasi Paspor Selesai, Maskot Kanim Singaraja dan Ruang Pelayanan Baru di halaman Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Perwakilan  Ombudsman RI Provinsi Bali (Umar Ibnu Alkhatab), Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Bali (Amrizal), Sekretaris Badan Pelaksana Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Buleleng (I Wayan Duala Arsayasa) dan Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Singaraja (Mut Zaini).

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja (Nanang Mustofa) dalam sambutannya menyampaikan bahwa hingga saat ini pandemi covid-19 belum berakhir dan telah menyebabkan banyak dampak negatif bagi kehidupan masyarakat dan program-program pemerintah. Di sisi lain, berbagai upaya dan program-program yang dapat memudahkan dan meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat juga harus terus berjalan, beriringan dengan upaya pengendalian covid-19.

Untuk itu, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja melaksanakan kegiatan ini, yang sedianya sudah dilaksanakan pada awal bulan Juli 2021. Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja telah menciptakan terobosan baru yang dapat mengurangi pertemuan secara langsung antara petugas dan pemohon melalui inovasi Notifikasi Paspor Selesai (NOTPORSEL) dan pengambilan paspor melalui mekanisme Drive Thru. Selain itu, telah dilakukan re-layout ruang layanan sehingga menjadi lebih luas dan nyaman dengan penerapan protokol kesehatan.

Selain menciptakan inovasi yang memudahkan masyarakat dalam memperoleh layanan, sebagai bentuk kesungguhan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja dalam melaksanakan pelayanan yang transparan dan tidak diskriminatif, telah dilaksanakan “Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja dengan Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Bali tentang Pencegahan Maladministrasi dan Penyelesaian Laporan/ Pengaduan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik”.

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Bali (Umar Ibnu Alkhatab) dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan adanya penandatangan Perjanjian Kerja sama ini diharapkan agar betul-betul dilaksanakan dengan baik, dipastikan pelayanan keimigrasian di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja yang diberikan kepada masyarakat berjalan dengan baik dan benar. Urusan-urusan yang berkaitan dengan laporan/pengaduan masyarakat agar segera diselesaikan. Semboyan Kementerian Hukum dan HAM kerja cerdas akan melahirkan berbagai inovasi pelayanan, sehingga pelayanan akan menjadi lebih mudah dan transparan. Pelayanan yang diberikan bisa cepat, tepat dan murah bahkan tanpa biaya. Selanjutnya Bekerja dengan ihklas itu berarti bekerja tanpa pamrih dan tanpa lelah. Sebagai pegawai harus bekerja tanpa memikirkan imbalan tanpa memikirkan kerugian baik materiil maupun non materiil sehingga akan melahirkan kepastian pelayanan dan dengan tetap bekerja berhati-hati ”.

Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali (Amrizal) menyampaikan ucapan selamat kepada Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja yang sudah bisa mewujudkan program inovasinya dalam Pelayanan Keimigrasian seperti yang pernah disampaikan kepada Tim Penilai Internal WBBM sehingga diharapkan bisa membantu masyarakat dan mudah untuk digunakan oleh masyarakat. Beliau juga berharap Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja bisa meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Tahun 2021.   

Untuk membangkitkan semangat dan rasa cinta terhadap organisasi serta sebagai sebuah instrumen yang dapat mendekatkan diri dengan masyarakat, Kantor Imigrasi Singaraja juga telah menciptakan Yel-Yel serta Jingle dengan judul Kanim Singaraja Untuk Indonesia dan Maskot berupa Ikan Lumba-Lumba dengan nama SIRAJA MELASTI.

Kegiatan penandatangan perjanjian kerja sama dan peluncuran inovasi ini, merupakan bagian dari upaya Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja dalam melakukan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang dilaksanakan dengan sangat sederhana dengan tetap penerapkan protokol kesehatan.

Semoga segala upaya yang kita lakukan mendapat ridho dari Yang Maha Kuasa.

Tetap waspada, selalu berpikir positif dan selalu patuhi protokol kesehatan.

Salam sehat…(tikim 2021)

 09 September 2021

Berita Keimigrasian

Selamat Sore Sahabat Mido.

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja melaksanakan Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing Kabupaten Karangasem hari ini Kamis 19 Agustus 2021. Rapat diselenggarakan secara virtual melalui aplikasi zoom dibuka oleh Kepala Sub Seksi Inteligen Keimigrasian Ida Bagus Ari Bramiartha dan dilanjutkan dengan sambutan dan penyampaian paparan mengenai isu aktual oleh Kepala Kantor Imigrasi Singaraja Nanang Mustofa.

Rapat dihadiri oleh pejabat dan staf Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian dan hadir secara virtual 10 anggota Timpora Kab. Karangasem antara lain Kepala Unit IV Sat. Intelkam Polres Karangasem, Pasi Intel Komando Distrik Militer 1623 Karangasem, Kepala Sub Seksi Intel Kejaksaan Negeri Karangasem, Komandan Pos Angkatan Laut Candidasa, Agen Badan Intelijen Strategis TNI Bali Dantim Karangasem, Kasi Pemberantasan Badan Narkotika Nasional Kabupaten Karangasem, Kabid Ketahanan Bangsa Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Karangasem, Kasi Pindah Datang Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Karangasem, Kabid Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Karangasem, Kepala Bidang Penegakan Perda Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Karangasem.

Rapat membahas isu mengenai kebijakan keimigrasian bagi orang asing dalam masa PPKM Darurat di tengah pandemi covid-19, penerapan Peraturan Gubernur Bali Nomor 10 Tahun 2021 Tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 Dalam Tatanan Kehidupan Era Baru, rencana pelaksanaan operasi yustisi gabungan bersama Satpol PP Karangasem, serta berbagai isu aktual terkait kegiatan orang asing di Kab. Karangasem selama pandemi Covid-19.

Disampaikan juga bahwa Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja berkomitmen dalam upaya penegakan hukum atas pelanggaran keimigrasian dan mengawasi kegiatan / keberadaan orang asing di Kabupaten Karangasem, serta akan selalu bersinergi dengan pemerintah daerah.

#kanimsingaraja
#infokarangasem
#operasigabungan
#bisawbbm
#imigrasiindonesia
#kumhampasti
#kanwilkumhambali
#imigrasisingaraja
#beritakarangasem
#sangatbaik
#imigrasi

 19 Agustus 2021

Berita Keimigrasian

Selamat pagi Sahabat Mido

Buleleng, Selasa (10/8), Setelah memperoleh predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) pada tahun 2020 dan dinyatakan lolos oleh Tim Penilai Internal (TPI) untuk diusulkan sebagai satuan kerja berpredikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada tahun 2021, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja menerima kunjungan dan penguatan dari Tim Penilai Internal (TPI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Kunjungan dan penguatan oleh TPI dipimpin oleh Ibu Ami Amatunissa sebagai Auditor Madya Inspektorat Wilayah IV Kemenkumham dan didampingi oleh Kepala Bagian Program dan Hubungan Masyarakat Kanwil Kemenkumham Bali I Wayan Muliarta. Kegiatan diawali dengan pemantauan sarana dan prasarana pendukung diruang pelayanan dan lingkungan kantor dan dilanjutkan dengan pengarahan dalam ruang rapat.

Kepala Kantor Imigrasi Singaraja, Nanang Mustofa dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tim yang sudah berkenan hadir ke Kantor Imigrasi Singaraja untuk memberikan Penguatan kepada Tim Pokja dalam menghadapi evaluasi Tim Penilai Nasional (TPN). Kami sangat bersyukur sudah lolos dari evaluasi TPI dan diusulkan kepada TPN. Untuk itu kami sangat berharap bimbingan, masukan, koreksi dan saran dari Tim TPI agar kami dapat menghadapi evaluasi dari TPN dengan baik. Dukungan dan arahan dari Tim TPI tentunya akan semakin meningkatkan semangat dan usaha kami untuk memperoleh predikat WBBM.

Penguatan kali ini dilakukan dengan cara wawancara, evaluasi terhadap video profil, yel-yel, bahan paparan dan tindak lanjut terhadap rekomendasi TPI pada saat evaluasi serta validasi data responden yang akan disampaikan kepada TPN. Tim Pokja dengan penuh semangat dan antusias dalam menerima penguatan dari TPI dan segera melakukan beberapa koreksi dan penyesuaian baik data dukung, video, paparan, responden maupun sarana dan prasarana.

Ayo dukung terus kami dalam mewujudkan pembangunan ZI menuju WBBM untuk Indonesia yang lebih baik.

#kanimsingaraja
#penilaianItjenkemenkumham
#itjenkemenkumham
#bisawbbm
#imigrasiindonesia
#kumhampasti
#kanwilkumhambali
#imigrasisingaraja
#imigrasisingarajasangatbaik
#sangatbaik
#imigrasi

 11 Agustus 2021

Berita Keimigrasian

Selamat pagi sahabat mido.

Sebagai bentuk keterbukaan informasi publik, berikut kami sampaikan Capaian Kinerja Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja dari Januari 2021 hingga Juli 2021. Terima kasih atas penilaian yang anda berikan, kami akan selalu berusaha memberikan pelayanan SANGAT BAIK.

Semoga sahabat mido sekalian selalu dalam keadaan sehat dan tetap jaga protokol kesehatan yaa.

 05 Agustus 2021

Berita Umum

Selamat Siang Sobat Mido

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali (Jamaruli Manihuruk) melalui Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja menyiapkan sebanyak 102 Paket Sembako yang dibagikan kepada Masyarakat di Desa Baktiseraga, Desa Girimas, dan Desa Bebetin Kabupaten Buleleng.

Pemberian Bantuan Paket Sembako tersebut disalurkan melalui Pos Pelayanan Hukum dan HAM Desa (Posyankumhamdes) Desa Baktiseraga dan Desa Girimas, yang telah dibentuk oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali agar tidak menimbulkan keramaian dan penumpukan massa serta tetap mematuhi protokol kesehatan.

Paket Sembako tersebut merupakan hasil penggalangan dana yang dikumpulkan dari seluruh Pegawai di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali melalui Program Kumham Peduli, Kumham Berbagi.

Pemberian Paket Sembako Bansos dimulai pada hari Kamis, 29 Juli 2021 secara serentak dengan diawali penyerahan paket bansos secara simbolis oleh Menteri Hukum dan HAM. Pada hari Jumat, 30 Juli 2021 ini pemberian bansos dilanjutkan dengan menyasar masyarakat yang terdampak Covid-19 berdasarkan data yang diperoleh dari Pemerintah Kabupaten/Kota Provinsi Bali.

#KumhamPeduli
#KumhamBerbagi
#kanimsingaraja
#infoSingaraja
#bisawbbm
#imigrasiindonesia
#kumhampasti
#kanwilkumhambali
#imigrasisingaraja
#beritasingaraja
#sangatbaik
#imigrasi

 30 Juli 2021

Berita Umum

Jakarta - Dalam dua tahun terakhir, pandemi Covid-19 telah merenggut banyak hal dari kehidupan kita. Tak pelak, kondisi ini pun memunculkan berbagai macam keprihatinan bagi masyarakat Indonesia, seperti naiknya angka kemiskinan yang dibarengi dengan melonjaknya pengangguran.

Data per 28 Juli 2021 pada laman https://covid19.go.id/, jumlah pasien yang terinfeksi positif Covid-19 secara nasional berjumlah 3.287.727 orang. Angka tersebut meningkat 47.791 kasus dibandingkan hari sebelumnya.

Namun, sejak pemerintah menggulirkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, terdapat tren penurunan mobilitas hampir di semua wilayah. Dimana pembatasan pergerakan masyarakat menjadi faktor penting salah satu upaya pemutusan transmisi Covid-19.

Bersyukur, kondisi kini pun berangsur membaik setelah diterapkannya PPKM. Kasus aktif, positivity rate, dan kasus harian menurun, serta terjadi peningkatan kesembuhan yang mulai terlihat pada pekan ketiga pelaksanaan PPKM. Peningkatan ini harus dibarengi dengan optimisme dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat. Masyarakat juga harus memberikan dukungan dari kebijakan yang dilakukan pemerintah, seperti mematuhi protocol kesehatan, PPKM, dan mengikuti vaksinasi.

Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) berupaya membantu masyarakat dengan menyalurkan lebih dari 46 ribu paket secara nasional, serentak kepada masyarakat di seluruh Indonesia, agar dapat bertahan hidup di tengah pandemi yang belum menunjukkan tanda-tanda usai.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly mengatakan kebijakan pemerintah dengan membuat PPKM Level 4 bertujuan untuk memutus mata rantai penularan Covid-19. Kebijakan yang sedianya berakhir pada 25 Juli 2021 lalu ini, kini resmi diperpanjang hingga 2 Agustus 2021 mendatang.

Pemerintah sadar, kebijakan ini akan berpengaruh terhadap kegiatan ekonomi sosial masyarakat, dan berdampak pada ketidakmampuan masyarakat yang kesulitan dalam mencari nafkah.

“Insan Pengayoman melalui program pemberian bantuan sosial “Kumham Peduli, Kumham Berbagi”, mencoba turut berempati kepada masyarakat dan ASN Kemenkumham yang terdampak pandemi Covid-19,” ujar Yasonna saat memberikan bantuan sosial secara simbolis, Kamis (29/07/2021) pagi.

Melalui program bantuan sosial yang dikoordinasikan oleh Sekretaris Jenderal, tercatat Kemenkumham memberikan total bantuan sosial sebanyak 46.614 paket dan dana sosial sebesar 700 juta rupiah.

Paket tersebut diberikan kepada masyarakat di seluruh Indonesia, yang terdiri atas 43.558 kepala keluarga yang terdampak langsung pandemi Covid-19, serta kepada 3.056 orang ASN Kemenkumham yang terpapar Covid-19. Sedangkan dana sosial diberikan kepada tujuh Kantor Wilayah Kemenkumham yang saat ini menerapkan PPKM Level 4, yaitu DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali. Adapun paket bantuan sosial Kumham Peduli Kumham Berbagi per orang diberikan dalam bentuk beras, minyak goreng, gula, mie instan, sarden, dan susu.

“Kegiatan kita pada hari ini adalah bagian dari kepedulian kepada masyarakat dan saudara kita sesama pegawai yang terpapar Covid-19. Ini merupakan bentuk kepedulian, jiwa sosial, rasa welas asih serta semangat untuk berbagi,” kata Yasonna di lapangan upacara Kemenkumham.

Kegiatan ini, kata Yasonna, selaras dengan arahan Presiden Joko Widodo kepada para menteri untuk melakukan langkah-langkah maksimal dengan memberikan dukungan, yang salah satunya berupa pemberian bantuan sosial kepada masyarakat dan usaha mikro.

“Bantuan sosial tersebut tidak hanya menyentuh kepada masyarakat yang berada di wilayah perkotaan, namun juga kepada saudara-saudara kita yang berada di wilayah perbatasan negara Republik Indonesia dengan negara lain,” ucap Yasonna.

“Semoga apa yang kita lakukan hari ini dapat membantu meringankan beban mereka yang secara langsung terdampak pandemi Covid-19,” kata Laoly. “Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh Insan Pengayoman yang telah peduli, mampu berbagi atas dasar keikhlasan dan kesadaran,” tutupnya.

Sementara itu Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Andap Budhi Revianto mengatakan selain terkonsentrasi di Kemenkumham dan wilayah Jabodetabek untuk unit pusat, kegiatan yang dilaksanakan secara hybrid ini juga dilaksanakan secara serentak di Kantor Wilayah Kemenkumham seluruh Indonesia.

“Pemerintah tidak bisa bekerja sendirian, semua pihak termasuk masyarakat harus mau bekerja sama, bergotong royong untuk menghadapi ujian yang berat ini,” kata Andap. “Kerja keras pemerintah Insya Allah bisa berhasil, jika disertai dengan dukungan dan kesadaran dari masyarakat,” lanjutnya.

“Pesan kami kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada, jangan cemas, selalu berpikir positif yang disertai optimisme, selalu patuhi protokol kesehatan, dan mengikuti vaksinasi,” tutupnya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali Jamaruli Manihuruk menyampaikan bahwa telah menyiapkan sebanyak 1721 Paket Sembako Bansos yang dibagikan kepada Masyarakat Desa di 9 Kabupaten/Kota Se-Provinsi Bali sebanyak 1667 Paket dan 54 Paket sembako diberikan kepada Para ASN di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali yang terpapar Covid-19. Paket Sembako tersebut merupakan hasil penggalangan dana yang dikumpulkan dari seluruh Pegawai di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali melalui Program Kumham Peduli, Kumham Berbagi. Pemberian Paket Sembako Bansos dimulai pada Hari ini Kamis, 29 Juli 2021 sampai dengan Jumat, 30 Juli 2021 dengan menyasar masyarakat yang terdampak Covid-19 di 40 Desa, berdasarkan data yang telah dikumpulkan dari Pemerintah Kabupaten/Kota Provinsi Bali. Pemberian Bantuan Paket Bansos tersebut akan disalurkan melalui Pos Pelayanan Hukum dan HAM Desa yang telah dibentuk oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali agar tidak menimbulkan keramaian dan penumpukan massa dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja sebagai Unit Pelaksana Teknis Keimigrasian turut serta meneruskan bantuan dari Kementerian Hukum dan HAM bagi masyarakat di Wilayah Kabupaten Buleleng. Bantuan diserahkan kepada masyarakat di Desa Bakti Seraga sebanyak 36 kepala keluarga penerima bantuan, di Desa Giri Mas sebanyak 36 kepala Keluarga dan di Desa Bebetin Sebanyak 30 kepala keluarga.

Kegiatan ini merupakan wujud nyata Bakti Kementerian Hukum dan HAM kepada masyarakat yang terdampak COVID-19 agar membantu meringankan beban yang dialami masyarakat. Kita semua berharap pandemi ini segera berakhir dan kita semua bisa kembali melakukan kegiatan dalam keadaan normal.

#KumhamPeduli #KumhamBerbagi

 29 Juli 2021

Berita Keimigrasian

Halo Sahabat Mido.
Hari ini Jumat 18 Juni 2021, pukul 10.00 s.d. 14.00 WITA. Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja Melaksanakan kegiatan Eazy Paspor yang diadakan di Liberty Hospitality School Singaraja.
Hal ini merupakan bentuk Komitmen Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat.

Bagi yang belum tau, Eazy Passport adalah pelayanan Paspor kolektif dengan sistem jemput bola.

Dan untuk sahabat mido yang ingin mengajukan permohonan Eazy Passport bisa langsung hubungi Kantor Imigrasi Singaraja atau kantor Imigrasi terdekat lainnya.

 18 Juni 2021

Berita Keimigrasian

Halo Sahabat Mido, Hari Selasa, 15 Juni 2021 Pukul 09.00 WITA, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja melaksanakan kegiatan sosialisasi peraturan keimigrasian pada masa kebiasaan baru, pelaporan orang asing melalui aplikai apoa berbasis QR. Code, layanan eazy passport dan sosialisasi ZI menuju WBBM. Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang pertemuan Kantor Perbekel Desa Kalibukbuk. Peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut berjumlah 30 orang terdiri dari Perbekel Desa Kalibukbuk I Ketut Suka, tokoh masyarakat, pemilik penginapan / hotel, Calon Pekerja Migran Indonesia dan pelaku pariwisata.

 

Dalam sambutannya I Ketut Suka menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pihak Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja terlah hadir untuk melaksanakan kegiatan yang secara langsung kepada masyarakat. Jumlah orang asing yang berdomisili di wilayah kami cukup banyak sehingga sangat penting diadakan sosialisasi seperti ini sehingga bisa menambah pengetahuan masyarakat ketika bersosilisasi dengan warga negara asing imbuh I Ketut Suka.

 

Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian I Made Rusdiko saat membuka kegiatan sosialisasi tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Perbekel Desa Kalibukbuk beserta jajarannya karena telah membantu memfasilitasi pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini. Dalam pembukaannya disampaikan bahwa untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional dalam masa adaptasi kebiasaan baru, perlu dilakukan perubahan kriteria Orang Asing yang dikecualikan dalam pelarangan sementara Orang Asing masuk Wilayah Negara Republik Indonesia sehingga beberapa peraturan keimigrasian dimasa new normal telah diterbitkan oleh Kementerian Hukum dan HAM. Kebijakan pemerintah terkait dengan penerbitan visa dan izin tinggal sudah diterbitkan seperti Permenkuham No 26 Tahun 2020.

 

Sosialisasi Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA) berbasis QR Code disampaikan dalam acara kegiatan tersebut diharapkan kepada pihak yang memiliki penginapan / Hotel dan masyarakat untuk menggunakan aplikasi pelaporan orang asing (APOA) berbasis QR Code untuk melaporkan orang asing yang menginap di tempatnya. Tujuan dari aplikasi ini adalah untuk tersedianya data pergerakan orang asing di wilayah Indonesia dan  tersedianya data orang asing di wilayah Indonesia sesuai dengan izin masuk, visa, Izin Tinggal, dan pergerakannya.

 

Layanan Eazy Paspor dalam rangka peningkatan pelayanan paspor dan inovasi pelayanan publik serta sebagai langkah progresif dalam peningkatan jumlah penerbitan paspor dan penerimaan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP), juga disampaikan bahwa Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja melaksanakan Layanan Eazy Passport yaitu pelayanan paspor yang dilaksanakan di luar kantor dan menuju lokasi pemohon.

 

Diakhir acara kegiatan sosialisasi ini disampaikan beberapa inovasi pembangunan zona integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani yang sudah dibuat Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja membuat beberapa inovasi SIRAJA GARANG (Imigrasi Singaraja Layanan Pencegahan Pelanggaran), SIRAJA PANJAT (Imigrasi Singaraja Pelayanan Jam Istirahat), SIRAJA LAPAR BERAT (Imigrasi Singaraja Layanan Percepatan paspor hilang atau rusak) dan SIRAJA TANPA UANG (Imigrasi Singaraja Layanan Paspor Hhilang dan Rusak). Dengan sosialisis tersebut diharapkan masyarakat mengetahui layanan yang telah dibangun oleh Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Kegiatan dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan

 15 Juni 2021